Pengenalan Komputer

PENGENALAN KOMPUTER

 

I.                   PENDAHULUAN

Apakah anda pernah mendapat pertanyaan yang berkisar tentang apakah komputer itu?  Coba anda renungkan dan mencoba untuk menjawabnya. Jangan heran bila pertanyaan tersebut sulit untuk dijawab.  Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda untuk orang yang berbeda.  Istilah komputer (Computer) diambil dari bahasa latin Computare yang berarti menghitung (to compute).  Tetapi sekarang ini pengertian komputer bukanlah semata-mata sebagai alat hitung saja.  Komputer telah menjadi alat bantu untuk hampir semua jenis pekerjaan.

 

II.                DEFINISI DAN KONSEP DASAR

A.     Pengertian Komputer

Menurut buku Computer Annual (Robert H. Blissmer), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:

·         Menerima masukan (input)

·         Memproses input tadi sesuai dengan programmnya.

·         Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan

·         Menyediakan output dalam bentuk informasi

 

Menurut buku Computer Today (Donald H Sanders),  komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi yang tersimpan di dalam memori (stored program).

 

Menurut buku Computer Organization (VC Hamacher),  komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat, dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang disimpan di dalam memori dan menghasilkan suatu informasi yang dibutuhkan untuk pengambilan suatu keputusan.

 

Menurut buku Introduction to Computer (Gordon B. Davis),  komputer adalah suatu alat memproses data yang dapat melakukan perhitungan yang besar dan cepat tanpa campur tangan dari user (pemakai komputer).

 

Dari berbagai definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa komputer adalah:

Ø      Alat elektronik

Ø      Dapat menerima input data

Ø      Dapat mengolah data

Ø      Dapat memberikan informasi

Ø      Menggunakan suatu program yang tersimpan di dalam memori komputer

Ø      Dapat menyimpan data dari hasil pengolahan

Ø      Bekerja secara otomatis

 

Sedangkan yang dimaksud dengan program adalah “kompulan instruksi atau perintah terperinci yang sudah dipersiapkan supaya komputer dapat melakukan fungsinya yang sudah ditentukan”.

 

B.     Pengolahan Data Elektronik

Pengolahan data dengan menggunakan komputer dikenal dengan nama “Pengolahan Data Elektronik” atau Electronic Data Processing (EDP).  Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan.  Data dapat berupa angka-angka, huruf, simbol khusus atau gabungan dari keduanya.  Data mentah masih belum bisa bercerita banyak, sehingga perlu diolah lebih lanjut.  Pengolahan data adalah manipulasi data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti, berupa suatu informasi.  Sedangkan informasi adalah hasil dari kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih berarti dari suatu kejadian.  Jadi pengolahan data elektronik adalah manipulasi data kedalam bentuk yang lebih berarti berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik yaitu komputer.

 

Suatu proses pengolahan data terdri dari 3 tahapan dasar, yang disebut dengan siklus pengolahan data (data processing cycle), yaitu input, processing dan output.

INPUT

PROCES

OUTPUT

 

Siklus Pengolahan Data

 

Tiga tahap dasar dari siklus pengolahan data tersebut dapat dikembangkan lebih lanjut.  Siklus pengolahan data yang dikembangkan dapat ditambahkan tiga tahapan lagi, yaitu origination, storage, dan distribution.

·        Origination, tahap ini berhubungan dengan proses dari pengumpulan data berupa proses pencatatan.

·        Input, tahap ini merupakan proses pemasukan data yang akan diolah ke dalam proses komputer menggunakan alat input.

·        Processing, tahap ini merupakan proses pengolahan data yang sudah dimasukkan yang dilakukan oleh alat proses yang dapat berupa proses menghitung, mengalikan, mengklasifikasikan atau mencari di storage.

·        Output, tahap ini merupakan proses menghasilkan output dari hasil pengolahan data ke alat output (Ouput Device), yaitu berupa informasi.

·        Distribution, tahap ini merupakan proses dari distribusi output kepada pihak yang berhak dan membutuhkan informasi.

 

C.     Sistem Komputer

Supaya komputer dapat digunakan untuk mengolah data, maka harus berbentuk sistem komputer (Computer System).  Sistem adalah jaringan dari elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan satu tujuan pokok dari sistem tersebut.  Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi.  Supaya tujuan pokok tersebut dapat terlaksana maka harus ada elemen-elemen yang mendukungnya.  Elemen-elemen dari sistem komputer adalah perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan perangkat otak manusia (brainware).

 

D.    Cara Menguasai Komputer

Ada tiga tahapan seseorang dapat menguasai dan menggunakan komputer dengan baik dan berhasil, yaitu:

1.      Membaca buku-buku/ majalah komputer. 

Membaca buku merupakan cara terbaik supaya kita dapat meningkatkan pengetahuan dan memahami dunia komputer.  Salah satunya adalah buku teks tentang komputer.  Juga majalah-majalah atau tabloid tentang komputer.  Bidang komputer merupakan bidang yang cepat berkembang.  Karena majalah sifatnya adalah berkala, maka perkembangan informasinya masih bersifat baru sehingga dapat dijadikan sumber pengetahuan tentang perkembangan komputer.  Sebagai tambahan dapat juga digunakan buku-buku manual (User’s Guide) yang dikeluarkan oleh pabrik komputer atau pabrik software.  Informasinya berkisar tentang produk komputer yang diproduksi atau software yang digunakan.  Buku pedoman tersebut biasanya jelas dan mudah dipelajari.

 

2.      Mencoba langsung pada suatu komputer

Dengan mencoba langsung pada suatu komputer, kita akan mempunyai pengalaman dan mengetahui komputer itu dengan sesungguhnya.  Pada mulanya kita dapat menggunakan program-program sederhana, game misalnya atau program pengolah data yang sederhana.  Di dalam mencoba langsung, dapat digunakan program tutorial yang biasanya terdapat daam disk yang berguna untuk membimbing kita dalam mengoperasikan program.

 

3.      Menulis suatu program komputer

Setelah kita membaca buku komputer dan telah mencobanya langsung sehingga sudah terbiasa dengan komputer maka kita akan lebih tertarik ke tingkat yang lebih tinggi, yaitu ingin menulis sendiri program aplikasi yang kita butuhkan.  Biasanya ini sering dilakukan bagi mereka yang benar-benar berminat pada dunia komputer khususnya dengan pemograman komputer.  Biasanya dengan menggunakan bahasa pemograman tertentu, misalnya BASIC, COBOL, FORTRAN, FoxPro dan lain sebagainya.

 

III.             SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER

Pertama kali dikenal sejenis alat hitung yang dinamakan ABACUS (Sempoa) di daratan Cina kira-kira pada tahun 2000 sebelum masehi.  Kemudian menyebar dan dikenal juga oleh orang-orang di Timur Tengah dan bahkan sampai ke daratan Eropa.  Pada tahun 1617, John Napiar dari Scotlandia menemukan cara menghitung dengan menggunakan tabel bujur sangkar yang terdiri dari 9×9 kolom masing-masing berisi angka 1 sampai dengan angka 9 yang dikenal dengan nama NAPIER’s BONE.  Tahun 1642, PASCAL, seorang ahli matematika menciptakan mesin hitung mekanis yang kemudian dikenal dengan PASCAL’s ARITHMETIC MACHINE.

 

Pada tahun 1673 menyusul penemuan dari seorang Philosophy Jerman bernama Gotried Leibiz berupa sebuah mesin yang selain dapat menambah juga dapat mengalikan.  Pada tahun 1745 Joseph Mario merancang sebuah metode penggunaan “lubang kartu” untuk mengontrol benang pada penenunan tekstil.  Hal ini mengilhami penemuan “punch card” dalam mengontrol bekerjanya alat hitung.

 

Tahun 1874 seorang Perancis yaitu Charles Babbage berhasil menciptakan suatu mesin hitung yang dinamakan Babbage Calculation Machine.  Mesin telah menggunakan konsep yang ada pada komputer saat ini.  Mesin ini telah mengenal “storage” untuk penyimpanan data.  Dan pada mesin ini juga telah sanggung melakukan perhitungan sederhana dalam trigonometri dan algoritma secara otomatis.

 

Tahun 1890 Herman Hollerith dari Biro Sensus Amerika Serikat menciptakan mesin “Punced Card Counting” yang menggunakan “punch card” sebagai media penyimpanan datanya.  Ini merupakan penemuan yang sangat gemilang dalam sejarah komputer sehingga ia dijuluki “Bapak Komputer Modern”.

 

Tahun 1944 Howard Aiken dari Harvard University yang bekerjasama dengan International Bussines Machine (IBM) membuat komputer yang mampu melakukan serentetan operasi aritmatika secara otomatis.  Mesin ini diberi nama MARK-I dan boleh juga dikatakan sebagai komputer pertama yang diciptakan manusia.

 

J. Presper dan John W. Mauchly dari University of Pensylvania merancang sebuah mesin komputer elektronik yang diberi nama ENIA (Electronic Numerical Integer and Calculator), dibuat pada tahun 1945.  Kemudian mereka mengembangakan suatu mesin komputer electronic yang menggunakan angka-angka biner (binary number) dalam operasi aritmatiknya.  Mesin ini kemudian diberi nama EDVAC yang selesai dibuat pada tahun 1952.  Pada tahun yang sama di Eropa pada University of Cambridge ditemukan komputer yang diberi nama EDSAC yang disebut dengan First Stored Program Computer.

 

Nama John Von Neuman dari Institude of Advance dihubungkan dengan penemuan pemakaian binary number system di dalam komputer untuk menyatakan harga atau instruksi dari komputer.

 

UNIVAC-I merupakan komputer pertama yang diperdagangkan yang dibuat oleh Eckert Mauchly Computer company pada tahun 1946 dan dijual oleh Remington Rand pada tahun 1949.  Nama UNIVAC mendominasi komputer selama beberapa tahun sampai muncul komputer IBM yang menggantikannya.  Komputer IBM sendiri muncul pertama kali pada tahun 1954 dengan nama IBM 650 yang sangat populer pada waktu itu selama lebih kurang 5 tahun.

 

Kemudian bermunculan jenis-jenis komputer baru dari produsen komputer yang timbul seiring dengan kemajuan teknologi komputer itu sendiri seperti Radio Shac, Texas Instrument, Hewlett Packard, NEC, Apple, Thosiba, Acer, Compaq, Zyrex dan berbagai merek komputer lainnya.

 

IV.              TIPE KOMPUTER

Komputer oleh beberapa profesional digolongkan dalam beberapa sudut pandang.  Ada yang menggolongkannya berdasarkan data yang diolah, berdasarkan penggunaannya, berdasarkan ukurannya.

 

A.     Berdasarkan data yang diolah

Berdasarkan data yang diolahnya, komputer digolongkan ke dalam tiga golongan; yaitu komputer analog (Analog Computer), komputer digital (Digital Computer) dan komputer campuran/hibrid (Hybrid Computer).

 

1.      Komputer Analog

Komputer analog digunakan untuk data yang sifatnya kontinyu dan bukan data yang berbentuk angka, tetapi dalam bentuk fisik, seperti misalnya arus listrik, temperatur, kecepatan dan lain sebagainya.  Output dari komputer analog umumya untuk pengontrolan suatu mesin, pabrik kimia, penyulingan minyak, dan sebagainya.  Keuntungan dari komputer analog adalah kemampuannya untuk menerima data dalam besaran fisik dan langsung mengukur besaran tersebut tanpa harus dikonversikan terlebih dahulu seperti pada komputer digital sehingga proses yang dilakukan akan lebih cepat.  Kekurangannya adalah faktor ketepatannya, komputer digital lebih tepat bila dibandingkan dengan komputer analog.

 

2.  Komputer Digital

Data yang diterima oleh komputer analog dalam bentuk kontinyu, sedang data yang diterima oleh komputer digital dalam bentuk angka atau huruf.  Komputer digital biasanya digunakan dalam aplikasi bisnis atau tehnik.  Keunggulan dari komputer digital adalah sebagai berikut:

·        Memproses data lebih tepat dibandingkan dengan komputer analog

·        Dapat menyimpan data selama masih diproses.

·        Dapat melakukan operasi logika, yaitu membandingkan dua nilai dan menentukan hasilnya.

·        Data yang dimasukkan dapat dikoreksi atau dihapus.

·        Output dari komputer digital dapat berupa angka, huruf, grafik maupun gambar.

 

3.   Komputer Hibrid

Di dalam aplikasi yang khusus dibutuhkan suatu komputer yang mampu menyelesaikan permasalahan lebih tepat dari komputer digital dan lebih cepat dari komputer analog.  Komputer ini merupakan kombinasi dari komputer analog dan komputer digital yang disebut dengan komputer hibrid (Hybrid Computer).  Contohnya adalah Personal Computer pada saat ini.

 

 

B.     Berdasarkan Penggunaannya

Berdasarkan penggunaannya, komputer digolongkan ke dalam “special purpose computer” (komputer untuk penggunaan khusus) dan “general purpose computer” (komputer untuk penggunaan umum).

 

1.      Special Purpose Computer

Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan suatu masalah yang khusus, yang biasanya hanya berupa satu masalah saja.  Program komputer sudah tertentu dan sudah tersimpan di dalam komputernya.  Dan umumnya komputer analog adalah special purpose computer.  Special purpose computer banyak dikembangkan untuk pengontrolan otomatis pada proses-proses industri seperti misalnya pabrik kimia, pabrik baja serta untuk tujuan militer.  Sekali special purpose computer sudah diprogram yang khusus maka tidak dapat digunakan untuk masalah yang lainnya, tanpa adanya perubahan yang dilakukan dalam komputer.

 

 

2.  General Purpose Computer

Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan bermacam-macam masalah dan dapat mempergunakan program yang bermacam-macam untuk menyelesaikan jenis permasalahan yang berbeda.  Karena komputer jenis ini tidak dirancang untuk masalah yang khusus, maka kecepatannya jauh lebih rendah dibandingkan dengan special purpose computer.  Tetapi sejak generasi ke III, kecepatannya meningkat dengan pesat dan dapat digunakan untuk masalah yang berbeda, misalnya aplikasi bisnis, tehnik, pendidikan dan pengolahan data.

 

C.     Berdasarkan Ukurannya

Berdasarkan ukurannya, komputer digolongkan ke dalam micro computer, mini computer, small computer, medium computer, large computer, dan super computer.

 

1.      Micro Computer

Micro computer (komputer mikro) disebut juga dengan nama Personal Computer (PC) atau Desktop Computer (komputer diatas meja).  Ukuran “main memory” komputer mikro sekarang berkisar dari 32 MB sampai 4000 MB, dengan konfigurasi operand register 32 dan 64 Bit. Komputer mikro umumnya adalah single user (pemakai tunggal), yaitu satu komputer hanya dapat dipakai oleh satu pemakai saja pada suatu saat.  Perkembangan lebih lanjut dari komputer mikro adalah komputer super mikro. Super mikro komputer merupakan “multi user” dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan komputer mini. Dengan perkembangan komputer yang begitu pesat saat ini, komputer mikro sebenarnya bahkan mampu menyamai komputer super (mainframe) sekalipun.

 

2.      Mini Computer

Komputer ini bersifat multi user (pemakainya banyak sekaligus pada suatu saat), yaitu sebuah komputer mini dapat mempunyai beberapa terminal yang dapat digunakan secara bersama-sama oleh banyak pemakai.  Sampai dengan 64 terminal dapat dihubungkan dengan komputer mini.  Tiap-tiap terminal dapat diletakkan di tempat yang terpisah yang dihubungkan dengan pusat komputernya.  Bentuk komputer mini cukup kecil, dapat dipindahkan dan diletakkan dalam ruangan yang kecil.  Komputer mini merupakan komputer pertama yang diterapkan terhadap aplikasi pengendalian proses produksi.

 

3.   Small Computer 

Small computer disebut juga dengan nama “small scale mainframe computer”.  Small computer sekarang kebanyakan menggunakan sistem multi programming, multi processing, serta bersifat multi user dengan jumlah terminal sampai dengan ratusan terminal.  Beberapa perusahaan yang memproduksi small computer diantaranya IBM, NCR, DEC.

 

4.      Medium Computer

Medium computer disebut juga dengan nama “medium scale mainframe computer”.  Medium computer dapat mempunyai sejumlah besar dan bermacam-macam alat input atau output.  Biasanya medium computer digunakan untuk komunikasi data dengan ratusan terminal yang terpisah dari pusat komputernya.  Pusat komputer biasanya menggunakan medium computer dan terminal-terminal dapat menggunakan micro computer atau mini computer.

 

5.      Large Computer

Large computer disebut juga dengan nama “mainframe computer” atau large scale mainframe computer, karena bentuk fisiknya yang besar seperti lemari.  Komputer jenis ini digunakan pada perusahaan-perusahaan besar, seperti misalnya perusahaan penerbangan yang mempunyai ratusan kantor cabang yang tiap-tiap cabang kantor mempunyai terminal yang dihubungkan dengan pusat komputernya.  Karena kecepatan dan besarnya memori komputer ini, memungkinkan secara efektif menerapkan sistem “time sharing”, ratusan  pemakai dapat menggunakan komputer ini secara bersamaan dari terminal masing-masing.

 

 

6.      Super  Computer

Perusahaan-perusahaan di Amerika Serikat dan Jepang telah berhasil melakukan pengembangan komputer ini.  Jutaan dollar telah dikeluarkan untuk penelitian dan pengembangan komputer super.  IBM misalnya, telah melakukan pengembangan lebih dari 15 tahun untuk mengembangkan super computer.  Penelitian juga dilakukan untuk mengembangkan super computer oleh Cray Research, dengan hasil Cray-1 Computer.  Penggunaan super computer memungkinkan penerapan sistem time sharing yang lebih efektif.  Ribuan terminal dapat dihubungkan dengan super computer dan ribuan pemakai dapat menggunakannya dalam waktu yang bersamaan.

 

V.                 GENERASI KOMPUTER 

Berikut ini akan dijelaskan mngenai generasi komputer, mulai dari generasi pertama, kedua, ketiga, keempat dan yang terakhir komputer generasi kelima atau yang sekarang ini sangat populer dengan istilah komputer generasi “Pentium”.

 

A.     Komputer Generasi Pertama (1946 – 1959)

Walaupun computer sebelum tahun 1946 sudah elektronik, tetapi tidak dimasukkan sebagai komputer generasi pertama.  Yang termasuk komputer generasi ini adalah komputer elektronik yang menggunakan konsep “stored program” (operasi komputer dikontrol oleh program yang disimpan dalam memori komputer), sedangkan komputer elektronik sebelumnya program tidak disimpan di dalam memori.

 

Komputer generasi pertama mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

·        Komponen yang digunakan adalah tabung hampa udara untuk sirkuitnya.

·        Program hanya dibuat dengan bahasa mesin

·        Menggunakan konsep stored program dengan memori utama adalah magnetic core storage

·        Menggunakan simpanan luar magnetic tape dan magnetic disk.

·        Ukuran fisik komputer besar.

·        Cepat panas sehingga diperlukan alat pendingin

·        Prosesnya kurang cepat

·        Simpanannya kecil

·        Membutuhkan daya listrik yang besar

·        Orientasinya terutama pada aplikasi bisnis

 

B.  Komputer Generasi Kedua (1959 – 1965)

Komputer generasi kedua mempunyai ciri-ciri sebagai berikut ini:

·        Komponen yang digunakan adalah transistor untuk sirkuitnya, dikembangkan oleh Bell Laboratories oleh John Bardeen, William Shockley pada tahun 1947.

·        Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (high level language)  seperti Fortran, Cobol, ALGOL.

·        Kapasitas memori utama sudah cukup besar dengan pengembangan magnetic core storage.

·        Menggunakan simpanan luar berbentuk removable disk atau disk pack.

·        Mempunyai kemampuan proses real time dan time sharing.  Real time menggunakan simpanan luar sehingga informasi dapat segera dihasilkan.

·        Ukuran fisik lebih kecil dibandingkan komputer generasi pertama

·        Proses operasi sudah cepat, dapat memproses jutaan operasi tiap detik.

·        Membutuhkan lebih sedikit daya listrik.

·        Orientasi tidak hanya aplikasi bisnis tapi juga aplikasi tehnik

 

B.     Komputer Generasi Ketiga (1965 – 1970)

Komputer generasi ketiga mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

·        Komponen yang dipergunakan adalah IC (Integrated Circuit) yang berbentuk hybrid integrated circuit (transistor dan dioda yang diletakkan secara terpisah dalam satu tempat).

·        Peningkatan jenis software yang digunakan .

·        Lebih cepat dan lebih tepat.  Kecepatannya hampir 1000x dari generasi pertama.

·        Kapasitas memori komputer jauh lebih besar, dapat menyimpan ratusan ribu karakter.

·        Menggunakan simpanan luar disk magnetic yang berkapasitas besar.

·        Penggunaan listrik lebih hemat bila dibandingkan generasi sebelumnya.

·        Memungkinkan melakukan proses multi processing.

·        Harga semakin terjangkau bila dibandingkan generasi sebelumnya.

·        Kemampuan melakukan komunikasi data dari satu komputer ke komputer yang lainnya.

 

D.  Komputer Generasi Keempat (sejak tahun 1970)

Sejak dari generasi ketiga, orang sulit untuk membayangkan komputer generasi selanjutnya, karena sudah banyak sekali perkembangan-perkembangan yang telah terjadi yang sebelumnya belum terpikirkan.  Tetapi sejak tahun 1970,  ada dua perkembangan yang kemudian dianggap sebagai komputer generasi keempat.

 

Yang pertama adalah penggunaan Large Scale Integration (LSI).  LSI merupakan pemadatan beribu-ribu IC yang dijadikan satu dalam sebuah Chip. Istilah chip digunakan untuk menunjukkan suatu lempengan persegi empat yang memuat rangkaian-rangkaian terpadu (integrated circuit).  LSI kemudian dikembangkan menjadi VLSI (Very Large Scale Integration).

 

Yang kedua adalah dikembangkannya komputer mikro yang menggunakan microprocessor yang berbentuk chip magnetic core storage.  Teknologi pembuatan VLSI ini disebut juga dengan nama MOS Teknologi, sehingga VLSI ini disebut juga dengan nama MOS Chip.

 

D.    Komputer Generasi Kelima

Komputer generasi kelima sedang dalam pengembangan. Komponen yang digunakan adalah VLSI, disamping VLSI juga sedang dilakukan pengembangan terhadap Joseph Junction, teknologi yang kemungkinan bisa menggantikan Chip.  Joseph Junction mempunyai kemampuan memproses triliunan operasi per detik, sedangkan teknologi chip hanya memproses milyar per detik.  Jepang adalah negara yang mempelopori perkembangan generasi kelima, bila berhasil komputer generasi kelima akan dapat menterjemahkan bahasa manusia, sehingga manusia dapat bercakap-cakap langsung dengan komputer.

 

VI.              ELEMEN SISTEM KOMPUTER

Elemen utama sistem komputer adalah:

A.        Perangkat Keras (Hardware)

B.        Perangkat Lunak (Software)

C.        Perangkat otak manusia (brainware)

 

A.  Perangkat Keras

Perangkat keras adalah komponen-komponen komputer secara fisik (phyisically) yang terdiri dari:

·         Alat masukan (input device): keyboard (papan ketik), mouse, Optical Character Recognition (OCR), camera, scanner, microphone.

·         Alat pemroses: Central Processing Unit (CPU), yang terutama terdiri dari processor (misal: Intel Pentium, AMD) beserta memori utama (main memori).

·         Alat keluaran (Output device): printer, speaker, monitor.

·         Alat penyimpanan (Storage device): hard disk, floppy disk, flash disk, CD-ROM, magnetic tape.

·         Peripheral (tidak ada istilah dalam bahasa Indonesia yang pas untuk mengartikan kata ini). Yang tergolong alat-alat “perifer” ini antara lain: alat untuk jaringan (network adapter) seperti “Kartu Jaringan” (LAN-Card), Modem; Alat untuk menghasilkan suara: Sound Card. Alat untuk menerima siaran TV dan Radio (TV/FM Tuner). “Port” (pintu masuk/ penghubung) untuk koneksi dengan peralatan lainnya seperti port USB (Universal Serial Bus), Port serial, port paralell, port Infra Red (IrDA = Infrared Device Access).

 

C.     Perangkat Lunak

Perangkat lunak adalah sekumpulan “perintah-perintah” (command) atau instruksi-instruksi (instructions) yang dibuat untuk menjalankan komputer agar menghasilkan sesuatu output tertentu dan disimpan dalam sebuah media penyimpanan (storage).  Disebut perangkat lunak  karena ia tidak hadir secara fisik seperti halnya perangkat keras, tetapi hadir dalam tataran logika (logically); walaupun demikian, software tentu saja tetap disimpan dalam perangkat keras yaitu di dalam media penyimpanan. Yang tergolong perangkat lunak adalah:

·         Sistem operasi (operating system).  Agar komputer bisa “hidup” dan bisa menjalankan perintah atau instruksi, dibutuhkan suatu “program” yang disebut “sistem operasi”.  Pada saat ini, sistem operasi yang sangat populer tentu saja adalah Microsoft Windows dengan serinya Windows 95, Windows 98, Windows 2000, Windows Millenium, Windows NT, Windows XP dan Windows Server.  Tetapi sesungguhnya Windows bukan gratis seperti kebanyakan dipakai orang Indonesia, Windows yang asli (bukan bajakan) harus dibeli paling murah sekitar USD $ 100 (sekitar Rp 900.000).  Untuk mengatasi mahalnya Windows yang asli (dalam arti memiliki HAKI = Hak Atas Kekayaan Intelektual), ada sistem operasi yang gratis, tidak kalah dengan Windows, bahkan sekarang ini bisa mengalahkan Windows, yaitu sistem operasi yang bernama LINUX dengan beberapa “varian” nya, misal: LINUX RedHat, LINUX Suse, LINUX Mandrake, dan lain-lain.

·         Bahasa pemograman.  Perintah-perintah atau instruksi untuk menjalankan komputer itu dibuat dengan sebuah “program” juga yang disebut “Bahasa Pemograman”.  Pada awalnya bahasa pemograman ini menggunakan “bahasa mesin” yang tidak dimengerti oleh manusia, tetapi kemudian dikembangkan bahasa yang bisa dimengerti oleh manusia, dan karena “programmer” kebanyakan orang-orang yang bahasa sehari-harinya bahasa Inggris, bahasa pemograman umumnya memakai bahasa Inggris.  Dulu bahasa pemograman ini juga harus ditulis secara berurutan dari  atas kebawah secara “lurus” (linier) sehingga dikenal istilah “linier programming”.  Pada saat ini bahasa pemograman sudah tidak lagi berbasis teks yang harus ditulis seluruhnya, tetapi bisa hanya dengan mengklik icon-icon yang berbasis grafik atau objek, sehingga dikenal istilah “Object Oriented Programming”.  Contoh bahasa pemograman adalah: Visual BASIC, Visual FoxPro, Delphi, dll.

·         Aplikasi.  Dengan menggunakan bahasa pemograman, dibuatlah sekumpulan instruksi-instruksi untuk menjalankan fungsi tertentu yang kemudian melahirkan “program” yang disebut “program aplikasi”.  Pada saat ini program aplikasi sudah sangat banyak dan sudah spesifik untuk “pekerjaan” tertentu.  Misalnya, untuk mengetik (mengolah kata-kata), mengolah angka, mengolah gambar, mengolah data, dsb.  Untuk mengetik, mengolah angka, mengolah data, dan presentasi, ada program aplikasi yang sangat populer di dunia yang bernama Microsoft Office keluaran dari Microsoft Corporation yang terdiri dari Word, Excel, Power Point, Access, Outlook dan FrontPage.  Untuk mengolah data terutama data-data statistik, ada program aplikasi yang juga sangat populer yaitu SPSS (Statistical Package Service and Solution)

 

VII.           RANGKUMAN

Komputer berasal dari kata “to compute” yang berarti menghitung.  Tetapi dari pengertian tersebut, komputer bukanlah semata-mata sebagai alat hitung.  Karena banyak sekali pekerjaan atau aktivitas yang dapat dilakukan oleh komputer.  Apalagi sekarang ini perkembangannya sedemikian pesatnya.  Ada 4 elemen dasar yang harus ada pada suatu komputer, yaitu: alat dengan konstruksi elektronika, penyimpanan (baik penyimpanan dalam maupun luar), sistem operasi (operating system), dan program.

 

Komponen utama komputer adalah hardware, software dan brainware.  Hardware terdiri dari alat masukan, alat proses, alat keluaran, dan alat penyimpanan.  Software terdiri dari sistem operasi, bahasa pemograman, dan aplikasi.  Secanggih apapun komputer, tidak akan mampu mengerjakan sesuatu tanpa adanya perangkat otak manusia (brainware) yang mengoperasikannya.  Hardware dan software juga manusia yang membuatnya, sehingga mestinya, manusialah yang mengendalikan komputer, bukan sebaliknya: komputer mengendalikan manusia.

 

Ada tiga tahapan seseorang dapat menguasai dan menggunakan komputer dengan baik dan berhasil, yaitu: membaca buku-buku / majalah komputer, mencoba langsung pada suatu komputer dan mengembangkan kreativitas dengan mencoba untuk membuat program-program sederhana. 

 

Membayangkan perkembangan teknologi komputer dengan tepat memang agak sulit, yang jelas perkembangan komputer masa depan akan lebih menakjubkan

 

 

VII.  LATIHAN

1.             Jelaskan pengertian komputer yang anda ketahui.

2.             Jelaskan klasifikasi hardware dan software

 

 

VIII.        UMPAN BALIK

Dari test normatif kepada mahasiswa dapat dibandingkan dengan hasil jawaban yang diberikan oleh dosen, dapat mengukur tingkat penguasaan dan pendalaman materi yang diserap mahasiswa.  Untuk mengukur tingkat penguasaan digunakan cara berikut ini:

 

Tingkat penguasaan =  Jumlah jawaban benar     x     100%

                                            Jumlah Soal

 

 

IX.              DAFTAR PUSTAKA

·         Arcole Margatan (2000), Komputer dan perlengkapan. Jakarta: Dahara Prize.

·         Jogiyanto H.M. (195).  Pengenalan komputer. Jakarta: Dinastindo

·         Yanuar Nugroho (2000). Memilih dan menggunakan komputer. Jakarta: Puspa Swara.

·         Zulkardi (1996). Pengantar sistem komputer. Palembang: Bina Darma

 

X.                 KOSA KATA

·         Brainware: manusia yang menggunakan atau mengoperasikan komputer

·         Hardware: perangkat keras komputer

·         Software: perangkat lunak komputer

·         Output device: alat keluaran komputer untuk menampilkan informasi yang dihasilkan.

·         Stored program: tempat penyimpanan program komputer

·         Origination: proses pengumpulan data atau pencatatan data sebelum diiput.

·         Abacus: alat hitung yang lebih dikenal di Cin dengan nama Sempoa

·         Multi programming: secara bersamaan kita dapat menggunakan aplikasi yang berbeda.

·         Multi tasking: secara bersamaan komputer dapat melakukan tugas berbeda

·         Time sharing: secara bersamaan komputer dapat digunakan oleh banyak orang.

·         User’s guide: buku yang dikeluarkan oleh pabrik software atau hardware komputer sebagai pedoman/ petunjuk pemakaian.

·         Analog koputer: komputer yang datanya hanya satu jenis saja dan digunakan untuk satu jenis pekerjaan.

 

About ibnu-rusdi
Name: Ibnu Rusdi Birthday: 23-11-1970 Sex: Male Education: Master Degree Job: Teacher, Bussiness

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: